Wajib Tahu Cara Mengatasi Cepat Lelah

Kesehatan pada diri kita haruslah kita jaga dan pelihara.memelihara kesehatan memang sesuatu yang susah gampang.untuk memelihara kesehatan kita harus memperhatikan asupan makanan, pola hidup kita dan kondisi kebersihan lingkungan dimana kita tinggal.

Kondisi kesehatan tubuh kita bisa terganggu oleh dua hal yaitu faktor eksternal dan faktor internal.faktor internal biasanya karena perilaku yang kita lakukan dan faktor eksternal adalah karena faktor yang berasal dari luar diri kita faktor lingkungan termasuk dalam faktor eksternal.
kelelahan
Kelelahan

PENYEBAB CEPAT LELAH
Penyebab cepat lelah dapat di kategorikan berasal dari 2 kategori diantaranya adalah :


FAKTOR INTERNAL
Faktor Internal yang berasal dari kebiasaan atau pola hidup kita diantaranya ialah :

1.Kurang Minum 

kebutuhan minum kita sehari ialah 2 liter air, ini dibutuhkan tubuh kita untuk mencukupi semua aktifitas organ dalam diri kita sehingga organ kita tidak mengalami kekurangan air atau istilahnya dehidrasi untuk menjalankan fungsi-fungsinya.

2.Pola makan tidak teratur

Pola makan akan mempengaruhi kekuatan dari fisik kita.karena asupan akan menjadi bahan energi yang bisa kita gunakan untuk melakukan aktifitas kita sehari-hari.sarapan salah satunya menjadi kebiasaan yang harus kita jaga karena itu akan mempengaruhi aktifitas kita di sepanjang hari jika tubuh kita di pagi hari telah mendapatkan asupan makanan atau nutrisi maka tubuh kita akan memiliki energi yang cukup untuk aktifitas.

3.Strees atau Depresi

Kita hidup tidak mungkin lepas dari yang namanya masalah.namun sebagaimanapun besarnya masalah dan sesulit apapun kita harus bisa mengelola yang namanya stres atau depresi itu.karena kalau kita biarkan stres atau depresi tanpa pengelolaan dan penanganan yang benar maka otak atau pikiran kita akan cepat terkuras energinya dan itu akan mempengaruhi kekuatan dan ketahanan tubuh kalau dibiarkan secara langsung maka tubuh kita akan semakin cepat mengalami kelelahan.

4.Kurang Berolahraga

Olahraga harus menjadi bagian dan kebiasaan dalam kehidupan kita.olah raga bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun dan tubuh kita ini harus dibiasakan untuk melakukan olah raga.sehingga tubuh ini terbiasa dengan keluarnya keringat karena aktifitas fisik.sehingga kalau ketika kita melakukan aktifitas fisik yang agak berat maka tubuh kita telah terbiasa dan tubuh kita tidak akan merasa cepat kelelahan.

5.Kurangnya waktu Tidur atau Begadang

Setelah sehari aktifitas yang kita lakukan, tubuh kita pastilah memerlukan istirahat.tidur sebagai waktu dimana tubuh kita berhenti beraktifitas secara fisik dan sel-sel kita melakukan peremajaannya.masalah tidur itu sendiri memiliki bukan hanya dari waktu atau lamanya tetapi juga mengenai kualitasnya.kualitas tidur itu harus kita jaga agar kita tidak merasa cepat kelelahan karena organ fisik kita kekurangan waktu untuk beristirahat.

6.Kelebihan Mengkonsumsi Kafein

Segala sesuatu yang sifatnya berlebihan itu tidak akan berdampak baik apapun itu.kita ketahui bahwa kopi adalah salah satu minuman yang mengandung kafein.jika kita konsumsi dalam porsi yang wajar maka itu akan berdampak baik buat tubuh kita tetapi sebaliknya jika kita konsumsi berlebihan maka tubuh kita akan menjadi cepat lelah dalam keseharian kita.


itulah diantaranya 6 faktor yang bisa menyebabkan kita mengalami cepat lelah dalam keseharian kita.sehingga hal-hal yang memang menjadi faktor penyebab tersebut bisa kita atasi dan hilangkan dalam perilaku keseharian kita.

2.FAKTOR EKSTERNAL
faktor eksternal yang menyebabkan kita merasa cepat kelelahan diantaranya ialah :

1.Kerja yang melebihi waktu normal jam kerja

Kita di indonesia normalnya beraktifitas kerja 8 jam sehari.kalaupun harus melebihi dari delapan jam sehari itu bisa kita lakukan namun untuk waktu tertentu saja dan istirahat dan asupan makanan pun harus menjadi perhatian lebih.

2.Terkena Polusi dalam jangka waktu lama

Polusi terutama polusi udara untuk yang hidup di perkotaan hampir tidak mungkin bisa kita hindari baik itu polusi yang berasal dari asap kendaraan maupun dari pabrik dan lingkungan yang kotor.kondisi ini jika terus berlangsung dalam jangkan yang lama maka itu akan mempengaruhi kondisi tubuh kita dan akan menjadi penyebab tubuh kita cepat mengalami kelelahan.


"CARA MENGATASI CEPAT LELAH"

untuk mengatasi cepat lelah kita harus melakukan hal-hal sebagai berikut :
  • Minum lah minimal 2 liter sehari
  • Istirahat yang cukup
  • Lakukan Refresing dengan keluarga minimal sekali seminggu
  • Lakukan Meditasi
  • Lakukan olah raga secara rutin dan teratur
  • Konsumsi sayuran dalam porsi yang cukup 
  • Konsumsi Buah-buahan 
  • Lakukan pembersihan organ-organ tubuh dalam kita dengan mengkonsumsi air kelapa.
  • lakukan pola hidup sehat 



0 Response to "Wajib Tahu Cara Mengatasi Cepat Lelah"

Post a Comment