6 Cara super menjadi pendengar aktif

6 cara super menjadi pendengar aktif


anda dapat menjadi pendegar yang super dengan menjadi pendengar aktif :

  1. Dengarkan secara aktif ; mendengar secara pasif membuat yang anda dengar masuk lewat kanan dan keluar lewat kiri.
  2. Tanyakan kepada diri sendiri , apa yang berusaha disampaikan oleh si pembicara dan ini akan membuat anda memikirkan apa yang anda dengar
  3. Dengar kan dengan perasaan dan perasaan dapat menanggapi isyarat yang terlewatkan oleh pikiran sadar anda.
  4. Tanyakan kepada diri sendiri apakah anda memahami apa yang diucapkan oleh si pembicara , ketika tidak dapat menangkap beberapa gagasan penting maka pemahaman anda berkurang dan pemahaman anda juga akan berkurang terhadap gagasan-gagasan lain yang mengikutinya.
  5. Dengarkan sesuatu yang membuat anda dapat berkomentar dan komentari dengan cerdas sehingga anda dapat meningkatkan pemahaman.
  6. Abaikan gangguan , membiarkan perhatian anda tertarik terhadap hal-hal kecil seperti penampilan itu mengubah fokus anda dalam menerima isi pembicaraan yang disampaikan pembicara

Mendengar secara aktif 

Ada keuntungan lain dari mendengarkan secara akif.salah satu cara bahwa anda mendengarkan secara aktif adalah bahwa anda dapat mengisi kekosongan si pembicara, dapat mengantisipasi apa yang diucapkan oleh si pembicara dan ini akan menuntun mental dan berfikir secara aktif.



Tanyakan kepada diri sendiri apa yang berusaha disampaikan oleh si pembicara

Hanya 10 persen dari yang dikatakan si pembicara yang merupakan point penting dari pembicaraan, sisanya yang 90 persen hanya anekdot, penjelasan, berusaha untuk melucu dan menghidupkan suasana atau beralih dari satu topik ke topik yang lain.secara sadar gunakan waktu untuk berpikir menurut saya maksud pembicara..." analisalah logika pembicara apa fakta dan gagasan yang ingin disampaikan olehnya dan anda akan menemukan point-point penting dari apa yang disampaikanya.



Mendengar dengan Perasaan

Mendengarkan dengan perasaan dan libatkan perasaan.jangan hanya mendengarkan dengan pikiran atau kecerdasan.Mendengarkan dengan perasaan akan membuat anda dapat menarik dan menerima hal-hal yang luput dari pikiran sadar anda.karena perasaan berasal dari alam bawah sadar.Ketika anda merasa negatif atau positif terhadap pembicara atau yang ia sampaikan hal itu menunjukan bahwa alam bawah sadar anda menjumlahkan dua dan dua dan menghasilkan satu kesimpulan positif atau negatif.



Memahami apa yang diucapkan atau mendapat kejelasan

Jika kita mendengarkan pembicara dan anda tidak memahaminya maka hal itu akan menjadi kebosanan buat anda dan tidak ada salahnya jika anda kesempatan untuk melontarkan pertanyaan dan meminta penjelasan yang lebih akan hal yang dia sampaikan.



Berikan Komentar yang cerdas.

Memperhatikan sejak awal maka tidak ada salahnya kita memberikan pandangan-pandangan kita terhadap hal yang pembicara sampaikan , berikan penjelasan, pertentangan atau pembanding dengan mengungkapkan data-data yang kita miliki.Hal itu menunjukan bahwa anda terlibat secara mental dengan si pembicara.



Mengabaikan Gangguan

Potensi gangguan hampir tidak bisa dihilangkan dalam setiap kesempatan pembicaraan, namun untuk hal-hal yang serius anda harus tegaskan akan diri anda bahwa anda harus fokus terhadap apa yang disampaikan kecuali isi pembicaraan bukan tentang topik yang penting.

itulah 6 cara super supaya anda dapat maksimal menerima isi pembicaraan baik yang tersirat maupun yang tersembunyi,,,

semoga cara ini dapat meningkatkan kemampuan anda menjadi pendengar yang super,,,,,

0 Response to "6 Cara super menjadi pendengar aktif"

Post a Comment