4Hal Wajib Diterapkan Pada Anak Usia Dini

Masa Kanak-kanan adalah masa golden age terutama usia 1-5 tahun.dimana ini nilai-nilai yang diterapkan pada diri anak akan cepat diserap dan melekat untuk selalu diingat oleh sang anak.beberapa cara harus dilakukan agar yang diterapkan adalah hal-hal positif dan baik untuk tumbuh kembang anak.

Berikut adalah 4 hal yang wajib diajarkan dan diterapkan pada diri anak sejak dini :

1.Rasa Tanggung Jawab

Rasa Tanggung jawab ini adalah sikap yang harus segera ditanamkan dan dididik pada anak anda, karena orang yang memiliki rasa dan sikap tanggung jawab yang tinggi dia akan berhati-hati terhadap semua tindak-tanduk kehidupan yang ia jalani.karena dirinya akan tahu bahwa semua harus dipertanggung jawabkan dan semua ada konsekuensinya dimana kita tidak bisa lari dari apa yang telah kita lakukan.

contoh penanaman rasa tanggung jawab 
ketika anak selesai bermain ajarkan anak anda agar membereskan kembali semua mainan yang berantakan karena semua itu berantakan karena perbuatannya.itulah diantaranya contoh kecil yang dapat kita lakukan terhadap anak kita dan  banyak hal lain yang bisa anda tanamkan rasa tanggung jawab terhadap keseharian anak anda.

2.Disiplin

Sikap disiplin penting untuk dimiliki oleh mereka yang serius ingin kehidupannya lebih baik.sikap disiplin itu wajib anda tanamkan sesegera mungkin dalam kehidupan anak kita.

contoh penanaman sikap disiplin pada anak
Biasakan anak untuk bangun pagi misalnya jam 5 pagi sehingga sang anak akan menghargai waktu dan sikap masukan sugesti-sugesti dan bahwa hidup dengan penuh kedisiplinan akan selalu menguntungkan dan memberikan keuntungan untuk hidup kita.

3.Cinta Kebersihan
Sebagaimana hadits Rosul bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.Cinta kebersihan akan sangat bermanfaat untuk hidup anak kita dimana jika anak kita selalu memperhatikan kebersihan diri dan lingkungannya maka kesehatan anak kita akan lebih terjaga dan anak kita akan lebih terhindar dari sakit atau penyakit yang mungkin akan menyerang anak kita.

Contoh penanaman sikap cinta kebersihan pada anak 
Biasakan anak kita untuk selalu gosok gigi sebelum tidur, ajarkan anak kita agar selalu membuang sampah pada tempatnya, ajarkan anak kita agar mandi tepat waktu baik mandi pagi maupun sore hari.itulah diantaranya hal-hal yang harus kita tanamkan pada diri anak kita semenjak usia dini agar kehidupan anak kita kelak bisa lebih baik karena hal ini penting bagi anak kita.

4.Ajarkan Rasa Hormat kepada yang tua dan Sayang kepada yang lebih muda
 Rasa hormat terhadap yang lebih tua dan sayang terhadap yang lebih muda itu sikap yang sangat penting yang harus sesegera mungkin kita terapkan dan ajarkan pada anak kita.karena pada dasarnya sang anak ibarat buku yang masih kosong jadi semua tergantung kita sebagai orang tua mau diajarkan hal-hal apa saja dalam kehidupan anak kita.

contoh penanaman rasa rormat terhadap yang tua dan sayang terhadap yang muda.
ajarkan ketika bertemua dengan om atau tantenya atau saudara-saudara kita yang lebih tua untuk selalu salam, ketika bertemu dengan anak saudara kita ajarkan agar dia mengajak mereka bermain dan membimbingnya.

itulah nilai-nilai penting yang wajib kita tanamkan dalam kehidupan anak kita sejak dini dan saya yakin nilai-nilai ini jika kita tanamkan sejak dini maka nilai-nilai ini akan melekat dalam kepribadian anak kita semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk saya tentunnya dan untuk anda sekalian..

baca juga artikel terbaik kami.

6 Cara Sakti Menghilangkan Rasa malas

0 Response to "4Hal Wajib Diterapkan Pada Anak Usia Dini"

Post a Comment