Pintarlah Membedakan Keinginan dan kebutuhan

Kita setiap saat hidup ini selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan.dan setiap pilihan mengandung konsekuensinya sendiri.maka dari itu pintar-pintarlah mengambil keputusan jangan sampai keputusan yang kita ambil malah memiliki banyak sisi negatifnya dibanding sisi positif.

Kita ketika memegang uang pasti yang ada di benak kita akan kita belanjakan / habiskan untuk apa uang ini.namun sebelum memutuskan untuk membelanjakannya kita harus pintar - pintar membedakan antara mana keinginan dan mana yang menjadi kebutuhan.

Keinginan dan kebutuhan seolah-olah dua hal yang sama.tetapi sebenarnya antara keinginan dan kebutuhan adalah dua hal yang berbeda.agar kita tidak terjebak dalam membedakan mana keinginan dan mana yang namanya kebutuhan maka kita harus pahami dulu apa itu keinginan dan apa itu kebutuhan.


KEINGINAN adalah sesuatu yang kita sukai, sesuatu yang kita harapkan untuk kita miliki, untuk kita lakukan tetapi jika sesuatu itu tidak jadi kita lakukan atau tidak jadi kita kerjakan maka tidak mengandung resiko yang berakibat fatal buat diri kita.

KEBUTUHAN adalah sesuatu yang memang dibutuhkan untuk mencukupi, untuk melengkapi dan untuk memenuhi sesuatu yang memang menjadi kewajiban kita untuk mencukupinya.kebutuhan itu sendiri memiliki beberapa tingkatan dan tahapan dimana kita kenal kebutuhan tingkat lanjut semestinya kita penuhi jika kebutuhan tingkat sebelumnya telah terpenuhi.kebutuhan dibagi menjadi kebutuhan primer, skunder dan tersier.

Untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan berikut beberapa tips yang bisa anda jalankan:

1.Ketika kita memutuskan untuk membeli sesuatu tanyakan pada diri kita jika ini tidak jadi kita beli apa yang akan terjadi,,,
2.Ketika kita memutuskan untuk membeli sesuatu tanyakan seberapa lama manfaat dari sesuatu yang kita beli ini untuk diri kita dan hal yang kita peruntukan.

berikut saya paparkan sedikit lewat sebuah kisah agar kita lebih memahaminya :

Kita memiliki pekerjaan yang mana tempat kita bekerja itu berjarak cukup jauh sekitar 10 km.dan secara otomatis untuk memenuhi dan menunjang pekerjaan, kita memerlukan kendaraan,,
disini kita dihadapkan pada beberapa pilihan apakah kita akan membeli motor atau mobil,,dan dari dua pilihan ini bisa kita bedakan yang menjadi kebutuhan itu motor atau mobil??
yang menjadi keinginan itu motor atau mobil??
motor dan mobil sama menjadi pelengkap atau pemenuhan kebutuhan namun ada faktor lain yang harus menjadi pertimbangan kita diantaranya ialah apakah keuangan kita telah cukup mapan atau layak untuk membeli mobil?
jadi motor saja sebenarnya adalah termasuk kebutuhan dan mobil adalah keinginan.

itulah sedikit catatan yang mungkin bisa menjadi bahan renungan buat saya dan rekan-rekan,,

1 Response to "Pintarlah Membedakan Keinginan dan kebutuhan"