mendengar yang efektif

Mendengar yang efektif

Komunikasi adalah ilmu yang sangat komplek.komunikasi ini dilakukan oleh semua mahluk hidup.kita sebagai manusia ketika berinteraksi dengan orang lain disaat itulah kita berkomunikasi.saat berkomunikasi ini dilakukan maka ada saatnya kita berbicara atau menyampaikan maksud dan pikiran kita dan ada saatnya kita mendengarkan dimana kita membaca maksud yang hendak disampaikan oleh lawan bicara kita.

saat mendengarkan itulah saat kita harus menyerap informasi yang ingin disampaikan oleh lawan bicara kita.karena lawan bicara kita menyampaikan pikiran-pikiran dan pemahamannya lewat kata-kata yang dirangkainya yang menjadi sebuah kalimat-kalimat yang disampaikan terhadap kita.

ada beberapa hal penting yang harus kita lakukan agar proses mendengarkan kita menjadi efektif diantaranya ialah :

  1. Dengarkan dan simaklah tiap rangkaian kalimat dengan cermat dan ambil tiap point dari masing-masing kalimat yang dia sampaikan.
  2. Tariklah kesimpulan apa yang ingin dia sampaikan apakah penegasan, alasan, deskripsi atau promosi dan sambungkan tiap kalimat yang dia sampaikan dari awal hingga kalimat berikutnya.
  3. Pancinglah tiap pembicaraannya dengan beberapa pertanyaan yang mana itu akan menegaskan apakah yang dia sampaikan sebuah fakta atau dusta.

0 Response to "mendengar yang efektif"

Post a Comment